Hati-Hati Gejala Tekanan Darah Tinggi Ini Bisa Menyerang Anda

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, adalah penyakit yang paling sering diderita oleh masyarakat Indonesia. Biasanya dialami oleh orang dewasa hingga lanjut usia. Hipertensi ini tidak memiliki gejala yang spesifik, sehingga seringkali tidak disadari. Tetapi, jika dibiarkan dan menjadi akut akan sangat memungkin dapat mendatangkan penyakit yang parah.

Gejala Tekanan Darah Tinggi yang Berbahaya

Ada beberapa gejala yang biasa dialami sejumlah orang ketika mengalami hipertensi. Akan tetapi, harus tetap dilakukan pengecekan tekanan darah menggunakan alat untuk mengetahui pastinya. Salah satu tandanya yaitu tekanan darahnya melebihi 120/ 80 mmHg. Tekanan darah yang sangat tinggi dapat menimbulkan krisis hipertensi, dengan begitu kenali gejalanya sejak awal.

  • Ada bercak berwarna merah di mata

Salah satu tanda seseorang mengalami hipertensi yaitu adanya bercak berwarna merah pada mata. Tetapi, gejala ini juga muncul pada beberapa penderita diabetes atau karena penyakit mata. Gejala ini hanya dialami oleh sejumlah orang saja, artinya tidak setiap bercak merah pada mata merupakan gejala tekanan darah tinggi. Jika mengalami hal tersebut segeralah periksakan diri ke dokter.

  • Wajah menjadi memerah

Gejala ini terjadi ketika hipertensi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah. Sehingga memungkinkan banyaknya darah yang naik dan membuat wajah menjadi merah. Gejala ini dapat terjadi ketika Anda mengalami tekanan atau terlalu stress karena memikirkan sesuatu masalah yang berat. Pemeriksaan harus tetap dilakukan ketika Anda mengalami hal ini.

  • Sakit kepala atau pusing

Pusing atau sakit kepala merupakan gejala umum yang seringkali terjadi. Ketika mengonsumsi obat-obat tertentu pun gejala ini dapat timbul sebagai respon dari tubuh. Begitu juga dengan hipertensi, salah satu gejalanya yaitu pusing. Oleh karena itu, jangan menyepelekan gejala ini karena memungkinkan menjadi gejala penyakit lain yang mungkin membahayakan keselamatan hidup.

  • Gangguan pernapasan

Hal ini terjadi karena adanya penyempitan pada saluran pernapasan atau yang lainnya. Ketika gejala ini menunjukkan hipertensi, artinya ada gangguan pada pembuluh darah sehingga menekan jantung dan bagian paru-paru. Keadaan tersebut disebut hipertensi pulmonal, dimana jantung mengalami kesulitan dalam mengalirkan darah melalui paru-paru.

Sehingga, oksigen yang dibawa oleh darah tidak bisa masuk ke paru-paru dengan baik. Selain itu, gejala gangguan pernapasan ini dapat juga dialami karena hipertensi sistemik. Oleh karena itu sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter, supaya segera diketahui penyebabnya dan secepatnya ditangani.

Penyakit tekanan darah tinggi memang sangat umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Tetapi, sebelum mengalaminya lebih baik untuk mencegahnya sejak dini. Sehingga dapat mencegah kemungkinan terburuk. Karena hipertensi akut dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke hingga serangan jantung yang berujung kematian.

Jika Anda ingin pengobatan alternatif dari Mbak Widri, silahkan mencobanya secara gratis selama 1 minggu pertama.

About Author


ratususuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *