Mengobati Stres Dengan Pengobatan Alternatif

Stres merupakan hal yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan seseorang. Stres dapat menyebabkan masalah pada kesehatan baik fisik maupun mental. Sangat penting bagi manusia untuk mengobati stres. Ada berbagai macam cara untuk mengobati stres mulai cara yang sederhana hingga mengonsumsi obat. Namun, banyak orang yang lebih memilih mengobati stres dengan pengobatan alternatif.

Sebenarnya stres tidak selalu menjadi hal yang buruk. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa stres yang mampu memicu kembali semangat seseorang. Misalnya stres karena tugas kuliah, stres ini tergolong sementara. Sedangkan stres yang buruk ialah stres dalam jangka panjang yang bisa menyebabkan seseorang menjadi depresi.

Berbagai Cara Mengobati Stres Dengan Pengobatan Alternatif

Apabila stres tidak segera ditangani, dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan seseorang. Berikut ada beberapa cara mengobati stres yang alami dan sederhana:

  1. Mengelus Anjing dan Kucing

Selain dijadikan sebagai hewan peliharaan, anjing dan kucing juga dimanfaatkan sebagai hewan terapi. Hal tersebut dikarenakan manusia dapat mencurahkan kasih sayangnya kepada kedua hewan tersebut dan sebaliknya.

Menyentuh, memeluk, dan membelai kedua hewan tersebut mampu meningkatkan kadar dopamin dan serotonin dengan cepat.Dopamin dan serotonin adalah hormon yang bermanfaat sebagai penenang otot dan pikiran. Oleh karena itu, manusia akan menjadi lebih rileks serta stres berkurang.

  1. Menari

Mengistirahatkan fisik dan mental dapat dilakukan dengan cara menari, karena mampu memperbaiki suasana hati yang buruk. Coba lah untuk melakukan beberapa gerakan sambil menyalakan lagu kesukaan. Bernyanyi sambil menggerakan tubuh dapat membuat hati lebih senang serta pikiran akan teralihkan dari masalah yang sedang dihadapi.

BACA JUGA: Ini Dia Beberapa Penyebab Penyakit Hati

  1. Tertawa

Tertawa bukan hanya sekedar bukti fisik bahwa seseorang sedang menikmati suatu momen. Namun, tertawa juga bisa mengubah sistem dalam tubuh manusia sehingga stres dapat diminimalkan. Selain mengurangi kortisol dan kadar hormon stres, tertawa mampu menghasilkan hormon bahagia (endorphin).

Untuk membuat diri tertawa kita dapat memancingnya dengan berbagai cara. Misalnya menonton komedi atau lelucon, bermain dengan anak kecil, dan lain sebagainya.

  1. Menarik Napas Secara Mendalam

Kadar kortisol dapat berkurang ketika seseorang mengambil napas dalam-dalam. Oleh karena itu, mengambil napas dalam-dalam dapat mengurangi rasa stres.

  1. Ibadah

Seseorang akan mempunyai waktu untuk terkoneksi dengan Tuhan apabila melakukan ibadah. Hal tersebut dapat meredakan kecemasan, membuat hati lebih bersyukur, dan memberi ketenangan. Selain itu, ibadah dapat meningkatkan energi positif sehingga suasana hati lebih baik serta stres tersingkirkan.

  1. Tidur Nyenyak

Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa meningkatkan kuantitas tidur dapat mengurangi stres. Namun, tidak jarang orang yang stres akan merasa sulit tidur. Oleh karena itu, upayakan untuk berolahraga dan makan makanan sehat sehingga masalah insomnia dapat teratasi.

Stres bukan merupakan hal yang sepele dan harus segera diatasi. Jika dibiarkan dan tidak ditindaklanjuti dalam jangka panjang, akan membahayakan kesehatan tubuh seseorang. Mengobati stres dengan pengobatan alternatif merupakan cara yang lebih baik dibandingkan dengan obat-obatan medis.

About Author


ratususuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *