Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sederhana

Sakit Pinggang Belakang

Sakit Pada bagian pinggang memang hal yang sering terjadi, apalagi oleh orangtua yang sudah lanjut usia. Tetapi, ketika mengalami sakit pinggang belakang dapat menghambat seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-harinya. Penyebab umumnya yaitu cedera otot tegang atau otot keseleo, sehingga membuat otot pinggang terasa nyeri.

Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sering Diabaikan

Ketika pinggang belakang sakit, biasanya disebabkan oleh kesalahan aktivitas sehari-hari. Sehingga, seringkali dianggap biasa dan diabaikan. Padahal sakit pinggang ini dapat menimbulkan berbagai penyakit berat seperti kanker sumsum tulang, linu pinggang, infeksi pada ginjal, infeksi tulang belakang dan lain-lain. Sehingga, perlu Anda ketahui penyebabnya agar bisa diatasi dengan cepat.

  1. Posisi ketika tidur yang salah

Hal ini bahkan seringkali tidak disadari, sehingga diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, sebaiknya hindari posisi yang tidak nyaman ketika tidur supaya tubuh pun menjadi rileks. Ketika posisinya salah maka akan berdampak tidak hanya pada pinggang belakang tetapi bisa juga pada leher atau lengan. Akan lebih baik jika Anda tidur secara terlentang dengan bantal tipis pada bagian pinggang.

  1. Kasur yang kurang empuk

Bukan hanya posisi tidur kurang tepat yang bisa menyebabkan sakit pinggag, tetapi ketika tempat tidur Anda kurang nyaman hal tersebut juga bisa menjadi penyebabnya. Maka dari itu pemilihan tempat tidur atau kasur pun harus diperhatikan. Karena kasur adalah tempat Anda untuk beristirahat tidur dalam waktu yang lama.

3. Posisi bantal yang kurang tepat

Jika posisi tidur sudah aman dan tempat tidur nyaman, ada kemungkinan lain Anda salah dalam menempatkan bantal. Ketika pinggang Anda memang sedang sakit, Anda harus lebih memperhatikan posisi ketika sedang beristirahat. Termasuk posisi bantal, jenis bantal yang bagus digunakan yaitu bantal kurva tulang belakang yang memanjang hingga ke bagian leher.

  1. Kelebihan berat badan

Faktor dari dalam yang bisa membuat sakit pinggang yaitu tubuh terlalu gemuk. Karena ketika berat badannya berlebih, maka pinggang akan bekerja lebih untuk menopang beban tubuh. Selain itu, bagian pinggang belakang pun akan mendapat tekanan dari beban tubuh. Sehingga membuat pinggang menjadi sakit.

  1. Tegang otot

Otot seharusnya dapat lentur dan fleksibel, tetapi ketika jarang digunakan maka otot ini akan menjadi kaku. Begitu juga pada otot pinggang, ketika Anda jarang melakukan peregangan otot pada pinggang akan menjadi lebih tegang. Kondisi ini juga dapat disebabkan karena posisi duduk yang salah atau mengangakat beban yang terlalu berat.

Kondisi-kondisi tersebut seringkali diabaikan karena dianggap hal biasa sebagai penyebab sederhana. Tetapi penting sekali untuk mengubah kebiasaan sedikit demi sedikit demi menghindari sakit pinggang belakang. Hal tersebut dilakukan demi kesehatan tubuh Anda sendiri. Lebih mencegahnya sedari dini dengan mudah daripada harus mengobati.

Jika Anda ingin pengobatan alternatif dari Mbak Widri, silahkan mencobanya secara gratis selama 1 minggu pertama.

About Author


ratususuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *